Tarif Internet Gratis, Di Indonesia Mungkin Ngga Ya?

Tarif internet kadang hanya menipu saja, banyak para provider yang menawarkan paket internet yang super mewah dengan tarif murah tapi kenyataannya juga sama saja. Iya sih murah, tapi ngga dapat fasilitas apa- apa ya sama aja kan. Kalau kayak gini terus bakalan tekor dah kita, kira- kira kalau misal tarif internet ngga usah bayar gitu bisa mungkin ngga ya?

Ini nih, ada berita sedikit bikin melek mata kita. Beberapa waktu yang lalu bos besar Cisco John Chambers pernah sempat meramalkan bahwa akses internet di kemudian hari bisa sangat terjangkau, atau bahkan mungkin gratis dengan syarat dan ketentuan. Wah jadi ngga perlu lagi mikir sama yang namanya tarif internet ya, tapi apakah iya itu bisa menjadi nyata di Indonesia ya? Internet yang memang dulunya bisa dibilang sebagai barang mewah kini sudah seperti menjadi hal biasa yang mana menjadi bagian dari kebutuhan hidup kita. Harganya pun kian terjangkau, dan menariknya lagi, banyak operator di Tanah Air yang menawarkan beragam paket sesuai dengan kebutuhan pengguna yang pastinya juga sangat bisa dijangkau tarif internetnya.

Menurut John Chambers, CEO Cisco, pada masa kedepannya nanti, internet akan terus dibutuhkan dan semakin erat dengan kehidupan manusia itu sendiri. Maka hal ini tentunya juga harus terus diantisipasi dengan infrastruktur yang memadai pastinya, agar semakin dimudahkan dengan adanya hal tersebut.

Melihat hal semacam itu, para penyedia jasa layanan internet tidak hanya diharapkan untuk mampu menyediakan infrastuktur yang memadai, akan tetapi juga biaya berlangganan tarif internet yang lebih fleksibel kalau bisa free. Bagi Chambers, hal itu bisa saja dengan mudah terwujud jika operator sudah mampu melakukan efisiensi jaringan dengan baik. Bukan hanya murah, internet dipercaya bisa diakses tanpa biaya tarif internet.

“Saya rasa itu tidak mungkin, karena bagaimana pun juga para perusahaan harus tetap mendapatkan uang,” kata Hardyana Syintawati, Vice President Marketing Communication Ericsson Indonesia. Bagi Nana, panggilan Hardyana, menggratiskan tarif internet bukanlah model bisnis yang baik di masa yang akan datang. Terlebih lagi jika melihat pendapatan dari operator yang semakin hari didomonasi oleh pelanggan internet.

“Mungkin model bisnisnya tidak seperti itu, kalau sekarang para pelanggan dikenakan tarif per Gigabyte, mungkin besok sudah tidak seperti itu lagi,” lanjut Nana. Jadi, kesimpulannya tarif internet gratis yang telah diramalkan oleh bos Cisco itu mungkin tidak akan mungkin terjadi di Indonesia. Hah, cukup bersabar saja ya, nikmati saja apa yang sudah ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s